Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Senin, 05 Juli 2021

Menu Sarapan Murah dan Efisien, Ini Manfaat Telur Rebus Bagi Tubuh

manfaat telur rebus bagi kesehatan tubuh
Manfaat telur rebus
Telur merupakan salah satu protein hewani yang sangat baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan tubuh. Telur ayam, telur bebek hingga telur burung puyuh mengandung asam amino esensial yang berfungsi untuk membangun sel dan juga jaringan tubuh.

Protein dalam telur menjaga massa otot sehingga kita dapat membakar lemak, dan nutrisi lain dalam telur mendukung metabolisme karbohidrat dan lemak.

Telur termasuk salah satu sumber protein unggas yang paling bernutrisi. Tetapi, bahan makanan yang satu ini kerap dituding sebagai sumber kolestrol dan bikin kesehatan bermasalah. Justru dengan mengkonsumsi telur bisa mendatangkan berbagai manfaat, lho! Apalagi jika direbus. Merebus telur adalah salah satu cara untuk mendapatkan manfaat optimal telur.

Telur rebus merupakan hasil pematangan yang tak terkontaminasi dengan zat lain yang berbahaya seperti minyak saat telur digoreng.

Untuk mengembalikan imun tubuh dari paparan virus seperti saat ini tentu tubuh harus memenuhi asupan makanan yang bergizi. Telur jadi salah satu pilihan sumber protein yang mudah didapat. Tidak harus direbus, telur juga enak diolah dengan cara digoreng hingga dicampur dengan sayuran.

Akan tetapi jika kita menghindari penambahan lemak dari minyak, bisa mengolah telur dengan cara direbus. Berikut manfaat telur rebus yang wajib kita tahu:

Menjaga Kesehatan Otak
Makan telur rebus secara teratur bisa membantu menjaga kesehatan otak. Telur rebus mengandung vitamin dan mineral yang membantu fungsi sel otak, memori, sistem syaraf hingga metabolisme.

Manfaat telur rebus yang pertama yaitu bagus untuk menjaga kesehatan otak karena mengandung kolin. Kolin dikelompokkan dalan vitamin B yang isa menjaga kesehatan otak, membantu membangun membrane sel dan membantu produksi molekul sinyal dalam otak.

Selain itu, kolin juga berperan penting dalam memecah asam amino homosistein, yang berhubungan dengan perkembangan jantung.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Terlepas dari apa yang diyakini pada dekade sebelumnya, tidak ada hubungan langsung antara konsumsi telur dan penyakit jantung atau stroke. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes yang makan telur meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung.

Orang yang mengikuti diet rendah karbohidrat dan makan telur memiliki lebih sedikit kemungkinan terkena penyakit jantung, beberapa penelitian menunjukkan.

Kolesterol partikel low-density lipoproteins (LDL) besar yang terdapat pada telur rebus dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Walaupun kolesterol LDL dikenal sebagai kolesterol jahat, namun menurut penelitian, partikel LDL kecil lebih dominan memiliki risiko penyakit jantung lebih tinggi daripada orang dengan partikel LDL besar.

Kaya Nutrisi
Meskipun ukurannya relatif kecil, telur mengandung banyak nutrisi dan dapat menjadi makanan pokok yang penting dalam diet yang seimbang.

Telur merupakan sumber protein yang baik (baik putih/kuning telur). Mereka juga mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung dan merupakan sumber nutrisi penting yang hebat, seperti vitamin B6, B12, dan vitamin D.

Telur memiliki banyak nutrisi salah satunya ada vitamin, mineral dan asam amino. Telur juga mengandung protein berkualitas tinggi, selenium, fosfor, kolin, vitamin B12 hingga beragam antioksidan yang membantu menjaga sel-sel tubuh tetap sehat.

Mendorong Metabolisme
Dalam satu telur ayam rebus mengandung 7,0 mcg vitamin B9. Selain itu, telur rebus mengandung asam amino yang membuat telur lebih mudah menggunakan proteinnya. Karena telur mengandung protein sehingga dapat mendorong metabolisme hingga 80-100 kalori. Manfaat telur rebus untuk anak juga sangatlah bagus apalagi mereka yang aktif berkegiatan di luar rumah. Telur juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda sehingga mengurangi penyerapan kolestrol dini.

Meningkatkan Kolesterol Baik
Manfaat olahan telur rebus bagi pria dan wanita salah satunya adalah mengandung kolesterol baik. Telur dapat meningkatkan kadar HDL (high density lipoprotein) atau kolesterol baik. Orang dengan kadar HDL yang tinggi memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

Menurut sebuah penelitian, makan dua telur sehari selama enam minggu meningkatkan kadar HDL sebesar 10%.

Membantu menurunkan berat badan
Sarapan telur disebut-sebut sangat baik untuk usaha penurunan berat badan. Sudah ada banyak penelitian yang melihat efek sarapan telur dengan menu lain yang kalorinya sama. Ternyata hasilnya sangat positif. Sarapan telur bisa membantu turunkan berat badan 65% lebih baik dalam 8 minggu, dibanding yang tidak sarapan telur.

Telur rebus memiliki kalori yang rendah. Dalam satu butir kalori telur rebus terdapat 77 kalori dan 5 gram lemak. Ditambah lagi, telur rebus tidak menggunakan minyak ataupun lemak yang dapat memberikan kalori ekstra.

Penelitian lain juga menekankan betapa sarapan telur sangat mempengaruhi pola makan selanjutnya. Seseorang bisa mengurangi asupan kalori dalam 24 jam ke depan jika pagi harinya sarapan telur. Manfaat lain dari sarapan telur adalah kadar glukosa darah lebih normal dan hormon lapar (ghrelin) bisa ditekan.

Sebuah penelitian sarapan telur sempat dilakukan dengan partisipan 30 pria muda yang sehat dan bugar. Mereka diminta sarapan dengan 3 menu berbeda yaitu roti panggang telur, sereal dengan susu dan roti panggang, serta croissant dengan jus jeruk.

Pria yang sarapan telur ternyata memiliki kepuasan rasa kenyang yang lebih tinggi, tidak terlalu lapar, dan berkeinginan lebih rendah untuk makan makanan lain dibanding pria yang tidak sarapan telur. Jumlah asupan kalorinya bahkan bisa berkurang antara 270 s.d. 470 kalori.

Kamu bisa mengonsumsi telur rebus dengan sayuran kangkung, kentang dan masih banyak lagi. Jadi, ketika kamu diet jangan ragu untuk mengonsumsi telur rebus sebagai asupan kalorimu tiap harinya, ya!

Menjaga Kesehatan Mata
Penelitian terbaru membuktikan bahwa kuning telur yang direbus tinggi akan lutein dan zeaxanthin. Lutein adalah zat yang bertanggungjawab untuk membuat penglihatan lebih jelas dan tajam. Lutein disebut pula vitamin karotenoid yang dapat membantu mencegah penyakit mata, termasuk katarak dan degenerasi makula akibat faktor usia. Telur juga tinggi vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

Durasi merebus telur yang tepat
durasi merebus telur yang tepat
Marebus telur yang tepat
Cara memasak telur rebus yang enak adalah dengan menyiapkan panci isi air secukupnya yang kira-kira seluruh permukaan telur bisa terendam. Kemudian rebus air tersebut. Setelah mendidih, barulah masukkan secara perlahan telur mentah. Matikan api dan biarkan telur hingga matang, kurang lebih selama 9-15 menit.

Durasi merebus telur rata-rata mulai 5 menit sampai 12 menit, dalam keadaan air sudah mendidih baru telur dimasukkan.

Rebus telur sekitar 5 menit untuk mendapatkan soft-boiled egg, 7-9 menit untuk medium, dan 12-13 menit buat matang sempurna.

Pencinta telur setengah matang dapat melakukannya dengan cara merebus air sampai mendidih, masukkan telur dan mulai nyalakan timer.

Rebus selama 5 menit untuk 1-2 telur demi hasil kuning telur yang encer. Boleh juga rebus selama 7 menit untuk kuning telur yang agak padat tapi masih tetap setengah matang. Kalau merebus 3-4 telur, tambahkan beberapa detik untuk merebusnya. Sementara, jika lebih dari 4 telur sebaiknya rebus secara berkala.

0 comments:

Posting Komentar