Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Jumat, 27 Agustus 2021

Cara Hewan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan

Cara adaptasi hewan
Tahukah kamu bahwa beberapa hewan juga menggunakan prinsip kerja sama, persatuan, dan taktik agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya? Hyena adalah contohnya. Salah satu cara yang dilakukan hewan ini agar tetap bertahan hidup adalah dengan bersatu dan bergerombol.
Cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan

Salam Cerdas dan Produktif.
Kembali lagi sobat solusi menyapa insan cerdas yang kreatif dan adaptif! Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur.

Literasi dapat menumbuhkembangkan karakter dan pola pikir. Melakukan kegiatan ini sebelum pembelajaran dimulai sangatlah bagus dan dianjurkan. Kegiatan literasi ini cukup dilakukan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawasan diri, juga menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. Membaca cerita fiksi dan informasi, motivasi, cerita bergambar, menulis pengalaman diri atau kegiatan lainnya yang positif merupakan contoh kegiatan literasi yang dapat dilakukan.

Baca juga cerita fiksi insfirasi yang berjudul Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Sebelum pembelajaran daring dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Topik Pembelajaran kali ini membahas Mutan Pelajaran Tematik Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) St 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan) Pb 3 dan 4 Tentang Cara Hewan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan untuk kelas 6 SD, dengan penguasaan kompetensi dasar (KD):
PPKn KD. 3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
Bahasa Indonesia KD. 3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
IPA KD. 3.3 Mengalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

"Percaya dirilah, karena setiap orang mempunyai kecerdasan dan karakternya masing-masing"

Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca bahan ajar, berdiskusi, dan menggali informasi di berbagai sumber, peserta didik dapat memahami materi ajar dan mengembangkan kompetensi diri dalam penerapan kehidupan sehari-hari dengan tepat 

+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi ajar berikut ini!
Selain membaca bahan ajar di blog ini, kalian juga bisa membaca di buku paket Tematik dan menggali informasi dari berbagai sumber.

Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) St 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan) Pb 3 dan 4 Tentang
Cara Hewan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan
Ayo, cari informasu dengan berliterasi!
Hyena adalah Hewan Paling Pintar di Dunia
Adaptasi hyena
Apabila ada anggapan bahwa simpanse, anjing, atau lumba-lumba adalah hewan terpintar saat ini, mungkin pernyataan tersebut betul, namun kurang tepat. Menurut penelitian, hewan terpintar di muka bumi adalah Hyena. Dr. Sarah Benson-Amram dari University of St Andrews mengatakan bahwa Hyena adalah hewan terpintar karena binatang tersebut dapat mengatasi masalah secara naluri dan juga dapat ‘berhitung.’

Dalam penelitiannya, Sarah berhasil menyimpulkan bahwa tingkat kepintaran seekor hewan ditentukan dari cara mengatasi masalah. Hyena mempunyai strata sosial lebih tinggi dari jenis lainnya dan dapat mempertahankan wilayahnya dengan cara memanggil rekan mereka. Hyena akan mengusir hewan lain yang masuk ke wilayahnya dengan cara bergerombol. Hewan ini dapat menghitung jumlah penyusup di wilayahnya dan memperkirakan berapa rekan yang harus hadir untuk mengusirnya. “Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan dan percobaan. Hal ini seperti yang dilakukan manusia ketika menghadapi masalah,” ungkap Sarah seperti yang dikutip Telegraph (09/09). Dia juga menjelaskan bahwa walaupun banyak hewan lain yang melakukan metode seperti yang dilakukan Hyena, namun hewan ini lebih cepat dalam melakukannya. “Hyena lebih kreatif daripada hewan lainnya,” lanjut Sarah.

Mungkin, di kemudian hari, karena dikatakan lebih pintar, maka NASA dapat menggunakan Hyena sebagai penelitian ke luar angkasa. Selama ini, NASA hanya menggunakan simpanse dan beberapa hewan kecil lainnya untuk hal tersebut.

Kamu sudah mengetahui bagaimana Hyena mempertahankan diri, sekarang kita akan mencari tahu bagaimana cara hewan lain beradaptasi. Perhatikan gambar dan baca teksnya!
1. Kamuflase
Kamuflase belalang sembah
Kamuflase adalah suatu metode yang memungkinkan sebuah organisme atau benda yang biasanya mudah terlihat menjadi tersamar atau sulit dibedakan dari lingkungan sekitarnya. Contoh-contohnya adalah belang pada harimau, zebra, belalang

Hewan ini menyesuaikan diri dengan kondisi tempat yang sesuai dengan tubuhnya, misalnya belalang daun dan belalang sembah. Belalang sering hinggap pada daun untuk menyesuaikan warna dan bentuk tubuhnya.

2. Mimikri
Mimikri bunglon
Mimikri merupakan proses evolusi yang terjadi pada spesies untuk menjadi sama dengan spesies lainnya.Biasanya mimikri menyerupai suatu spesies sebagai salah satu cara menghindari bahaya, misalnya bila berhadapan dengan predator. Salah satu contohnya adalah lalat bunga, yang banyak dari spesiesnya menyerupai tawon. Istilah ini tidak sama dengan kamuflase, di mana spesies bertindak terhadap bahaya dari spesies hewan lain yang mencari mangsa di lingkungan sekitarnya.

Kata mimikri berasal dari istilah bahasa Yunani mimetikos (suka meniru, merupakan tiruan) yang merupakan turunan dari mimetos (kata sifat verba) dari mimeisthai (meniru). Dalam bahasa Inggris, kata mimicry dipakai untuk hewan dan tumbuhan setelah tahun 1851

Bunglon menyesuaikan diri dengan mengubah warna kulitnya sesuai dengan tempatnya berada. Misalnya ketika bunglon berada di batang kayu, warna kulitnya berubah dari hijau menjadi kecokelatan dan kehitaman atau sebaliknya. Perubahan warna ini membuat bunglon mampu membaur dengan lingkungan.

3. Autotomi (Melepas Bagian Tubuh)
Autotomi (melepas bagian tubuh) cecak
Autotomi adalah sebuah perilaku hewan dimana hewan tersebut secara spontan memutuskan bagian ekornya atau organ tubuh untuk melindungi diri. Salah satu hewan yang dapat melakukannya adalah cecak. Beberapa reptil pada umumnya akan ditemukan memotong bagian ekor saat sedang merasa terancam misalnya ketika diserang oleh predator.

Untuk melindungi dirinya, cecak dan kadal melepaskan ekornya. Cara ini disebut autotomi. Ekor yang telah putus akan tumbuh lagi seperti semula.

4. Menggulungkan Diri
Menggulungkan diri trenggiling
Trenggiling melakukan penyesuaian diri dengan menggulungkan tubuhnya membentuk spiral. Cara ini dilakukan untuk melindungi diri dari serangan musuh. Contoh hewan lain yang menggulungkan diri adalah lipan dan kadal armadillo
Kadal armadillo
Kadal armadillo (Ouroborus cataphractus) adalah sejenis kadal dari familia Cordylidae. Disebut kadal armadillo karena kemampuannya menggulung diri hingga menyerupai bentuk bola untuk melindungi diri, seperti halnya armadillo. Kadal ini terdapat di pesisir barat Afrika Selatan.
Adaptasi kadal armadillo dengan mengulungkan diri
Kadal ini memiliki ciri-cirikhas berupa tubuh yang dilapisi oleh ruas-ruas yang setiap ruas terdapat lapisan sisik-sisik besar yang keras. Panjang tubuh kadal ini dapat mencapai 50 cm. Warna tubuhnya bervariasi mulai dari cokelat muda, cokelat kekuningan, dan cokelat pasir. Bagian bawah tubuh berwarna kuning pucat. Kadal ini juga memiliki lapisan sisik keras di ekornya yang berguna untuk melindungi diri dari serangan musuh.

Kadal armadillo aktif pada siang hari. Kadal ini termasuk hewan sosial dan biasanya tinggal berkelompok denagn jumlah anggotanya mencapai 30 ekor. Jika terganggu, kadal ini akan menggulung badannya dengan posisi kepala menggigit ekor, lalu kadal ini akan menyingkir dengan menggelinding. Kadal armadillo menyukai serangga dan arachnida (golongan laba-laba) sebagai makanan utamanya. Akan tetapi, kadal armadillo juga mau memakan buah-buahan. Kadal betina berkembangbiak sekali dalam setahun. Perkembangbiakannya dengan cara melahirkan (ovovivipar), dengan jumlah anak hanya seekor atau dua ekor.

Penugasan individu untuk meningkatkan keterampilan literasi dalam penerapan kehidupan sehari-hari (Ketikkan di kolom komentar)
1. Berdasarkan teks "Hyena adalah Hewan Paling Pintar di Dunia" Jawablah pertanyaan berikut ini!
a. Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya?
b. Apa perbedaan Hyena dengan hewan lainnya dalam mengatasi masalah?
2. Ayo cari tahu bagaimana hewan berikut menyesuaikan diri!
Adaptasi gurita dan kelelawar
+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+

Bagaimana kegiatanya, menyenangkan bukan? Pekerjaan kalian yang sudah bagus dan luar biasa akan jauh lebih bermanfaat jika dilakukan presentasi atau di diskusikan dengan teman, orang tua, dan guru kalian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membangun pengetahuan baru.

Hasil diskusi dan presentasi yang sudah kalian lakukan dapat dijadikan sebagai motivasi diri untuk perbaikan pembelajaran yang akan datang. Masukan atau saran juga kritik yang membangun dapat membangun karakter dan pengetahuan diri yang lebih baik.

Nah, untuk mengetahui pemahaman pembelajaran yang sudah kalian simak dan lakukan, ada baiknya juga kalian melakukan refleksi atau merangkum kegiatan pembelajaran hari ini. Hal tersebut bertujuan untuk menguji pemahaman kompetensi diri terhadap pembelajaran daring yang kalian lakukan secara mandiri dari rumah. Refleksi ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan singkat. Seperti : 
Apa yang sudah saya pelajari hari ini? 
Dapatkah saya menguasai materi pembelajaran hari ini? 
Apa Manfaat yang saya dapatkan dengan mempelajari materi tersebut?

Demikian tayangan materi singkat Pembelajaran Jarak Jauh Tematik Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) St 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan) Pb 3 dan 4 Tentang Cara Hewan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan untuk Kelas 6 SD. Untuk menguji pemahaman dan penguasaan kompetensi pembelajaran hari ini, lakukanlah kegiatan formatif berikut ini dengan menjawab soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form.

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir. Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri"

Baca dan ikuti petunjuk soal yang disediakan. Jawab soal berikut dengan cermat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki.

Waktu pengerjaan dari Liang Solusi: 90:00 Menit!

Klik Saja untuk kalian yang ingin mengembangkan kompetensi melalui materi, penugasan dan penilaian soal formatif pada setiap pembelajaran

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!


Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Pembelajaran Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) St 2 (Bekerja Sama Mencapai Tujuan) Pb 3 dan 4 Tentang Cara Hewan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan untuk Kelas 6 SD. Isi postingan ini tentu belum lengkap dan memberikan pembelajaran bermakna. 

Untuk itu, kritik dan saran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas situs www.liangsolusi.com ini. Semoga materi dan evaluasi yang kami sajikan bermanfaat untuk kita semua. Salam solusi!

Kami sangat berterima kasih jika Anda berkenan membagikan postingan ini di sebelah kiri halaman ini! Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#CerdasBerkarakter
#Belajardarimanasaja

9 komentar:

  1. Nama: Ni Putu Deana Princeska Rishioka
    No abs: 27
    Kelas: VI A
    SDN 12 SANUR


    1.berdatarkan teks "Hyena adalah hewan Paling Pintar di dunia "jawablah Pertanyaan berikut ini!

    a) bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya! dengan cara memanggil rekan mareka.

    b) apa perbedaan Hyena dengan hewan lainnya dalam mengatasi masalah? Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan dan percobaan selain itu, meski pun banyak hewan lain yang melakukan metode seperti yang dilakukan Hyena, namun hyena lebih cepat melakukannya dari pada hewan lain.

    2.cari tau bagaimana hewan berikut menyesuaikan diri!

    •Gurita:
    gurita melindungi diri dari musuhnya dengan cara mengemburkan cairan seperti tinta ke dalam air.

    • kelelawar :
    dengan menggunakan ekolokasi, artinya kelelawar mencari makanan di malam hari dengan cara mengeluarkan suara yang berkekuatan kecil dan akan terkena pada benda yang tersebut dan akan kembali ketelinga kelelawar

    BalasHapus
  2. Nama:Dita Eka Wardani
    No absen:4
    Kelas:VI A
    SDN 12 sanur

    1.berdatarkan teks "Hyena adalah hewan Paling Pintar di dunia "jawablah Pertanyaan berikut ini!

    a) bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya! dengan cara memanggil rekan mareka.

    b) apa perbedaan Hyena dengan hewan lainnya dalam mengatasi masalah? Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan dan percobaan selain itu, meski pun banyak hewan lain yang melakukan metode seperti yang dilakukan Hyena, namun hyena lebih cepat melakukannya dari pada hewan lain.

    2.cari tau bagaimana hewan berikut menyesuaikan diri!

    •Gurita:
    gurita melindungi diri dari musuhnya dengan cara mengemburkan cairan seperti tinta ke dalam air.

    • kelelawar :
    dengan menggunakan ekolokasi, artinya kelelawar mencari makanan di malam hari dengan cara mengeluarkan suara yang berkekuatan kecil dan akan terkena pada benda yang tersebut dan akan kembali ketelinga kelelawar






    BalasHapus
  3. Nama:Ni nengah ayu Sekar
    Noabsen:26
    Kelas:VIA
    SD NEGERI 12 SANUR

    berdatarkan teks "Hyena adalah hewan Paling Pintar di dunia "jawablah Pertanyaan berikut ini!

    a) bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya! dengan cara memanggil rekan mareka.

    b) apa perbedaan Hyena dengan hewan lainnya dalam mengatasi masalah? Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan dan percobaan selain itu, meski pun banyak hewan lain yang melakukan metode seperti yang dilakukan Hyena, namun hyena lebih cepat melakukannya dari pada hewan lain.

    2.cari tau bagaimana hewan berikut menyesuaikan diri!

    •Gurita:
    gurita melindungi diri dari musuhnya dengan cara mengemburkan cairan seperti tinta ke dalam air.

    BalasHapus
  4. Nama : veronica monica lobang
    No : 31
    Kls :VI

    berdatarkan teks "Hyena adalah hewan Paling Pintar di dunia "jawablah Pertanyaan berikut ini!

    a) bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya! dengan cara
    Bergerombol

    b) apa perbedaan Hyena dengan hewan lainnya dalam mengatasi masalah? Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan dan percobaan

    2.cari tau bagaimana hewan berikut menyesuaikan diri!

    •Gurita: berkamuflase ,mengeluarkan tinta jika terasa terancam

    Kelelawar : ekolokasinya

    BalasHapus
  5. nama:Dinda defi ayu Noviyanti
    No:3
    Kls:VIA
    Jawabnnya:
    1.a.bergerombol bersama kawan kawan nya
    B.heyna mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahannya banyak hewan lain yang melakukan metode seperti yang dilakukan,namun heyna lebih cepat
    2.gurita:
    Gurita melindungi diri dari musuh nya dengan cara menyembur kan tinta kedalah air
    Kelelawar:
    Kelelawar menyesuaikan diri dengan menggunakan ekolokasinya

    BalasHapus
  6. Nama. :I Kadek bagus Mahendra putra
    Kelas :6A
    No. 13


    1. Berdasarkan teks "Hyena adalah Hewan Paling Pintar di Dunia" Jawablah pertanyaan berikut ini!
    a. Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya? Dengan cara bergerombol bersama kawan kawannya
    b. Apa perbedaan Hyena dengan hewan lainnya dalam mengatasi masalah? Hyena lebih cepat dan lebih kreatif dalam mengatasi masalah dibanding hewan lainnya
    2. Ayo cari tahu bagaimana hewan berikut menyesuaikan diri! Gurita menyesuaikan diri dengan cara menyemburkan cairan, seperti tinta ke dalam air, yang menyebabkan musuh yang menyerangnya tidak dapat melihat dan ia dapat berenang dengan cepat menghindari musuhnya tersebut.
    Kelelawar menyesuaikan diri dengan mencari makan di malam hari dengan cara mengeluarkan suara yang berkekuatan kecil dan akan terkena pada benda tersebut dan akan kembali ke telinga kelelawar.

    BalasHapus
  7. nama:Maulida Khairunnisa
    No:21
    Kls:VIA
    Jawabnnya:
    1.a.bergerombol bersama kawan kawan nya
    B.heyna mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahannya banyak hewan lain yang melakukan metode seperti yang dilakukan,namun heyna lebih cepat
    2.gurita:
    Gurita melindungi diri dari musuh nya dengan cara menyembur kan tinta kedalah air
    Kelelawar:
    Kelelawar menyesuaikan diri dengan menggunakan ekolokasinya

    BalasHapus
  8. Pola Warna dan Penyamaran: Hewan seperti kameleon dan kupu-kupu dapat mengubah warna tubuh mereka untuk menyamarkan diri dengan latar belakangnya. Hal ini membantu mereka untuk menghindari predator atau mencari mangsa.

    BalasHapus