Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Rabu, 15 September 2021

Teks Eksplanasi dan Rangkaian Listrik, Materi dan Soal Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 dan 4 Kelas 6

Teks eksplanasi dan rangkaian listrik
Kita sering membaca informasi setiap hari. Informasi yang kita baca bisa berupa artikel atau informasi yang bersifat ilmiah. Misalnya teks ilmiah yang isinya berupa penjelasan rangkaian listrik. Sudah taukah kalian tentang teks ekplanasi ilmiah? apa saja bagian-bagian teks ekplanasi ilmiah tersebut? dan Apa perbedaan rangkaian listrik seri, paralel dan rangkaian listrik campuran? temukan informasi dan contohnya berikut ini ya!

Salam Sehat dan Cerdas!
Kembali lagi sobat solusi menyapa insan cerdas yang kreatif dan adaptif! Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur.

Literasi dapat menumbuhkembangkan karakter dan pola pikir. Melakukan kegiatan ini sebelum pembelajaran dimulai sangatlah bagus dan dianjurkan. Kegiatan literasi ini cukup dilakukan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawasan diri, juga menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. Membaca cerita fiksi dan informasi, motivasi, cerita bergambar, menulis pengalaman diri atau kegiatan lainnya yang positif merupakan contoh kegiatan literasi yang dapat dilakukan.

Baca juga cerita fiksi insfirasi yang berjudul Semut Sombong dan Kepompong Yang Baik

Sebelum pembelajaran daring dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Topik Pembelajaran kali ini membahas Mutan Pelajaran Tematik Tema 3 (Tokoh dan Penemuan) St 1 (Penemu yang Mengubah Dunia) Pb 3 dan 4 Tentang Teks Eksplanasi dan Rangkaian Listrik untuk kelas 6 SD, dengan penguasaan kompetensi dasar (KD):
PPKn KD. 3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggungjawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
Bahasa Indonesia KD. 3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
IPA KD. 3.4 Mengidentifikasi komponen komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana

"Percaya dirilah, karena setiap orang mempunyai kecerdasan dan karakternya masing-masing"

Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca bahan ajar, berdiskusi, dan menggali informasi di berbagai sumber, peserta didik dapat memahami materi ajar dan mengembangkan kompetensi diri dalam penerapan kehidupan sehari-hari dengan tepat 

+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi ajar berikut ini!
Selain membaca bahan ajar di blog ini, kalian juga bisa membaca di buku paket Tematik dan menggali informasi dari berbagai sumber.

Tema 3 (Tokoh dan Penemuan) St 1 (Penemu yang Mengubah Dunia) Pb 3 dan 4 Tentang Teks Eksplanasi dan Rangkaian Listrik

Teks Eksplanasi
Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi informasi tentang fenomena yang terjadi di masyarakat atau informasi tentang suatu hal. Beberapa contoh yang bisa dijadikan teks eksplanasi misalnya tentang budaya masyarakat, gejala alam dan proses terjadinya sesuatu.

Kita dapat menentukan topik permasalahan dan simpulan dari teks eksplanasi. Topik permasalahan dapat kita temukan dari kalimat utama dalam setiap paragraf. Sementara itu kita dapat menentukan simpulan dari teks eksplanasi dengan membaca keseluruhan isi teks. Jika kalian kesulitan untuk mencari simpulan pada sebuah teks, bisa klik di sini!

Teks eksplanasi mengandung suatu pokok pembicaraan. Kita bisa menemukan informasi dari teks ekplanasi dengan menggunakan 6 kata tanya yaitu apa, siapa, di mana, kapan, mengapa dan bagaimana yang dirangkai menjadi kalimat yang sesuai dengan teks tersebut .

Teks eksplanasi dan contohnya
Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebab-akibat.

Tujuan teks eksplanasi adalah memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu. Struktur teks eksplanasi yaitu pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi) dan penutup (simpulan).

Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan dibicarakan/diinformasikan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara bertahap/berurutan. Bagian penutup adalah kesimpulan yang berisi interpretasi/pendapat singkat penulis tentang topik yang dijelaskan

Contoh Teks Ekplanasi dan Strukturnya
Metamorfosis
Pernyataan Umum
Metamorfosis adalah suatu peristiwa di mana hewan berubah ke dalam bentuk dewasanya. Fenomena alam ini terjadi sebagian besar pada spesies serangga, crustacea, amfibi, mollusca, echnodermata dan spesies lainnya. Perubahan bentuk dalam metamorfosis tidak selalu perubahan bentuk dalam tingkat yang ekstrem atau juga perubahan habitat.

Deretan Penjelas
Ada 2 jenis metamorfosis, yang pertama metamorfosis sempurna dan yang kedua metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis sempurna atau yang juga disebut holometabola biasanya terjadi kepada serangga, misalnya kupu-kupu.

Kupu-kupu menetas dari telur, kemudian berubah menjadi larva atau ulat. Ulat menghabiskan waktunya mengkonsumsi daun, selanjutnya merubah diri menjadi pupa atau kepompong.

Kepompong merupakan semacam selimut yang melindungi ulat dalam waktu beberapa hari. Setelah semua perubahan di dalam kepompong selesai, maka kupu-kupu keluar dari dalam pupa dan mengepakkan sayapnya hingga bisa terbang.

Perubahan dari bentuk ulat jadi kupu-kupu merupakan bentuk metamorfosis sempurna karena perubahan bentuknya terjadi disertai dengan hancurnya tubuh ulat dan hanya menyisakan sedikit sel saja.

Sel-sel itu selanjutnya tumbuh lagi dalam bentuk kupu-kupu yang kemudian keluar dari pupa. Metamorfosis sempurna bisa juga terjadi pada serangga lain selain kupu-kupu. Kepik dan lalat rumah juga melalui fase pupa ini dan melewati tahap-tahap metamorfosis sempurna.

Sementara itu metamorfosis tidak sempurna adalah proses perubahan bentuk pada hewan yang tidak melewati tahap pupa. Pada proses jenis metamorfosis ini, hewan tentu tidak mengalami perubahan bentuk yang banyak.

Yang berubah biasanya hanya ukuran tubuh, tumbuhnya organ-organ baru tertentu seperti sayap, dan penggantian kulit atau yang biasa disebut instar.

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna di antaranya kecoa dan belalang. Awalnya belalang menetas dari sebuah telur, lalu berubah menjadi nimfa atau larva dan tumbuh semakin besar hingga menjadi belalang dewasa atau yang disebut juga imago.

Interpretasi
Proses metamorfosis ini terjadi secara alami pada beberapa hewan dan akan terus terjadi agar hewan dapat mencapai bentuknya yang sempurna.

***
Rangkaian listrik dan fungsi komponen listrik
Komponen listrik
Setelah kita mengetahui proses pembangkit listrik, kini kita akan belajar tentang komponen listrik. Tentu kita sudah sangat familiar dengan alat-alat elektronik yang ada di rumah kita. peralatan tersebut tidak akan berfungsi tanpa adanya aliran listrik.

Listrik akan mengalir pada sebuah rangkaian. Rangkaian listrik adalah beberapa komponen yang dihubungkan dengan sumber tegangan sehingga memiliki fungsi dan kegunaan tertentu. Rangkaian listrik tersebut disusun dari beberapa komponen yaitu alat listrik, konduktor (pengantar listrik), dan sumber listrik.

Beberapa fungsi komponen listrik tersebut adalah sebagai berikut;
  1. Saklar berfungsi untuk menyambungkan atau memutus rangkaian listrik hingga membuat aliran listrik terhenti.
  2. Baterai berfungsi sebagai sumber energi listrik. Pada dasarnya baterai adalah media penyimpan energi listrik yang juga dapat dijadikan sumber listrik kembali.
  3. Kabel berfungsi sebagai konduktor atau media pengantar listrik. Beberapa jenis logam sangat baik sebagai konduktor. Namun pada umumnya kabel berbahan dasar tembaga. Selain karena lebih ekonomis tembaga juga merupakan pengantar listrik yang baik.
  4. Lampu berfugsi sebagai alat perubah energi listrik menjadi cahaya. Pada rangkaian lain lampu bisa diganti alat elektronik lainnya sesuai dengan kebutuhan. Namun lampu menjadi pilihan dalam percobaan membuat rangkaian karena dapat diuji dengan mudah.
  5. Listrik mengalir dari tegangan yang lebih tinggi ke tegangan yang lebih rendah. Pada baterai, listrik mengalir dari positif baterai ke negatif baterai.
  6. Rangkaian listrik dibagi menjadi tiga jenis, yaitu rangkaian listrik seri, rangkaian listrik parallel, dan rangkaian listrik campuran. Untuk lebih jelasnya mari kita lanjutkan membaca.
Rangkaian listrik seri
rangkaian listrik seri
Rangkaian listrik seri adalah sebuah rangkaian listrik yang disusun secara berurutan yang satu dengan yang lainya. Rangkaian seri memiliki beberapa keuntungan dan kelemahan.

Keuntungan rangkaian seri:
  1. Hanya memerlukan sedikit kabel.
  2. Lampu pada rangkaian seri akan menyala lebih terang.
  3. Kuat arus sama antara lampu satu dengan yang lain.
Kelemahan rangkaian seri:
  1. Boros.
  2. Bila satu lampu mati, maka semua lampu akan mati.
  3. Baterai akan lebih cepat habis.
Rangkaian seri biasa digunakan pada senter satu lampu untuk menciptakan cahaya yang terang.

Rangkaian listrik paralel
Rangkain listrik seri dan paralel
Rangkain paralel adalah rangkaian yang disusun secara bercabang. Rangkaian paralel merupakan rangkaian yang kita gunakan di rumah-rumah. Berikut ini merupakan keuntungan dan kelemahan rangkaian paralel.

Keuntungan rangkaian paralel
  1. Tegangan yang mengalir pada tiap bagian sama besar.
  2. Bila satu lampu mari maka tidak akan mempengaruhi lampu lainya.
  3. Lebih hemat listrik.
Kelemahan rangkaian paralel.
  1. Memerlukan banyak kabel
  2. Lampu lebih redup
  3. Rangkaian listriknya lebih rumit
Rangkaian listrik campuran
Rangkaian listrik campuran
Rangkaian campuran adalah gabungan dari rangkaian seri dan rangkaian paralel. Memiliki keuntungan dan kelemahan yang sama dengan rangkaian seri pada susunan rangkaian seri dan memiliki keuntungan dan kelemahan yang sama dengan rangkaian paralel pada susunan paralel.

Penugasan individu untuk meningkatkan keterampilan literasi dalam penerapan kehidupan sehari-hari (Kerjakan di buku latihanmu!)
1. Buatlah contoh teks eksplanasi ilmiah disertai strukturnya! (minimal 3 paragraf)
2. Buatlah rancangan rangkaian listrik yang akan dibuat! (boleh memilih salah satu jenis rangkaian listrik dari 3 yang ada)
+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+

Bagaimana kegiatanya, menyenangkan bukan? Pekerjaan kalian yang sudah bagus dan luar biasa akan jauh lebih bermanfaat jika dilakukan presentasi atau di diskusikan dengan teman, orang tua, dan guru kalian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membangun pengetahuan baru.

Hasil diskusi dan presentasi yang sudah kalian lakukan dapat dijadikan sebagai motivasi diri untuk perbaikan pembelajaran yang akan datang. Masukan atau saran juga kritik yang membangun dapat membangun karakter dan pengetahuan diri yang lebih baik.

Nah, untuk mengetahui pemahaman pembelajaran yang sudah kalian simak dan lakukan, ada baiknya juga kalian melakukan refleksi atau merangkum kegiatan pembelajaran hari ini. Hal tersebut bertujuan untuk menguji pemahaman kompetensi diri terhadap pembelajaran daring yang kalian lakukan secara mandiri dari rumah. Refleksi ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan singkat. Seperti : 
Apa yang sudah saya pelajari hari ini? 
Dapatkah saya menguasai materi pembelajaran hari ini? 
Apa Manfaat yang saya dapatkan dengan mempelajari materi tersebut?

Demikian tayangan materi singkat Pembelajaran Jarak Jauh Tematik Tema 3 (Tokoh dan Penemuan) St 1 (Penemu yang Mengubah Dunia) Pb 3 dan 4 Tentang Teks Eksplanasi dan Rangkaian Listrik untuk Kelas 6 SD. Untuk menguji pemahaman dan penguasaan kompetensi pembelajaran hari ini, lakukanlah kegiatan formatif berikut ini dengan menjawab soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form.

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir. Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri"

Baca dan ikuti petunjuk soal yang disediakan. Jawab soal berikut dengan cermat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki.

Waktu pengerjaan dari Liang Solusi: 90:00 Menit!

Klik Saja untuk kalian yang ingin mengembangkan kompetensi melalui materi, penugasan dan penilaian soal formatif pada setiap pembelajaran

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!


Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Pembelajaran Tema 3 (Tokoh dan Penemuan) St 1 (Penemu yang Mengubah Dunia) Pb 3 dan 4 Tentang Teks Eksplanasi dan Rangkaian Listrik untuk Kelas 6 SD. Isi postingan ini tentu belum lengkap dan memberikan pembelajaran bermakna. 

Untuk itu, kritik dan saran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas situs www.liangsolusi.com ini. Semoga materi dan evaluasi yang kami sajikan bermanfaat untuk kita semua. Salam solusi!

Kami sangat berterima kasih jika Anda berkenan membagikan postingan ini di media sosial kalian! Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#CerdasBerkarakter
#Belajardarimanasaja

3 komentar:

  1. 1. Buatlah contoh teks eksplanasi ilmiah disertai strukturnya! (minimal 3 paragraf)
    Baterai berdasarkan bisa tidaknya diisi ulang dapat dikelompokkan menjadi baterai primer dan baterai sekunder.
    baterai primer adalah baterai sekali pakai atau tidak bisa diisi ulang,
    sedangkan baterai sekunder adalah baterai yang dapat diisi ulang.masing masing jenis baterai tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

    beberapa kelebihan baterai primer ialah pertama,lebih murah dibandingkan dengan baterai sekunder.kedua,lebih tahan terhadap beban berat seperti over charging,over discharging,dan tahan lama.sedangkan kelemahannya adalah hanya sekali pakai saja karena tidak bisa digunakan kembali.baterai yang sudah tidak terpakai dapat mencemari lingkungan apabila dibuang sembarangan.
    isi baterai mengandung zat kimia berbahaya diantaranya merkuri.

    sedangkan beberapa kelebihan baterai sekunder adalah dapat digunakan kembali setelah habis,lebih awet,dan ramah lingkungan karena baterai dapat digunakan kembali.sedangkan kelemahannya antara lain baterai akan rusak jika digunakan sampai kosong.
    baterai sekunder juga sangat sensitif terhadap suhu tinggi.suhu tinggi menyebabkan baterai ini terdegradasi lebih cepat daripada seharusnya.




    2. Buatlah rancangan rangkaian listrik yang akan dibuat! (boleh memilih salah satu jenis rangkaian listrik dari 3 yang ada)

    BalasHapus
  2. NAMA:IKADEK BAGUS MAHENDRA PUTRA
    NO:13
    KLS:VIA
    TGL:15-9-2021

    1 Buatlah contoh teks eksplanasi ilmiah disertai strukturnya! (minimal 3 paragraf)
    Baterai berdasarkan bisa tidaknya diisi ulang dapat dikelompokkan menjadi baterai primer dan baterai sekunder.
    baterai primer adalah baterai sekali pakai atau tidak bisa diisi ulang,
    sedangkan baterai sekunder adalah baterai yang dapat diisi ulang.masing masing jenis baterai tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

    beberapa kelebihan baterai primer ialah pertama,lebih murah dibandingkan dengan baterai sekunder.kedua,lebih tahan terhadap beban berat seperti over charging,over discharging,dan tahan lama.sedangkan kelemahannya adalah hanya sekali pakai saja karena tidak bisa digunakan kembali.baterai yang sudah tidak terpakai dapat mencemari lingkungan apabila dibuang sembarangan.
    isi baterai mengandung zat kimia berbahaya diantaranya merkuri.

    sedangkan beberapa kelebihan baterai sekunder adalah dapat digunakan kembali setelah habis,lebih awet,dan ramah lingkungan karena baterai dapat digunakan kembali.sedangkan kelemahannya antara lain baterai akan rusak jika digunakan sampai kosong.
    baterai sekunder juga sangat sensitif terhadap suhu tinggi.suhu tinggi menyebabkan baterai ini terdegradasi lebih cepat daripada seharusnya.




    2. Buatlah rancangan rangkaian listrik yang akan dibuat! (boleh memilih salah satu jenis rangkaian listrik dari 3 yang ada)

    BalasHapus