Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Selasa, 19 April 2022

Dampak Modernisasi Terhadap Tranfortasi Air dan Udara: Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 6

Dampak Modernisasi Terhadap Tranfortasi Air dan Udara
Perkembangan alat transportasi telah memberikan banyak kemudahan kepada masyarakat penggunanya. Berbagai alat transportasi telah silih berganti seiring dengan perkembangan teknologi. Alat transportasi bermesin kini menjadi pilihan utama untuk digunakan.

Hingga saat ini, manusia masih berupaya keras untuk meningkatkan dan menemukan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Modernisasi menuntut segala sesuatu lebih cepat dan efisien, termasuk sistem transportasi baik air maupun udara.

Apakah dampak dari penemuan tersebut terhadap lingkungan dan kehidupan masyarakat pada umumnya? yuk kita temuakan informasi lebih banyak lagi dengan menyimak materi berikut ini!

Salam Sehat dan Cerdas!

Kembali lagi sobat solusi menyapa insan cerdas yang kreatif dan adaptif! Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur.

Literasi dapat menumbuhkembangkan karakter dan pola pikir. Melakukan kegiatan ini sebelum pembelajaran dimulai sangatlah bagus dan dianjurkan. Kegiatan literasi ini cukup dilakukan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawasan diri, juga menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. Membaca cerita fiksi dan informasi, motivasi, cerita bergambar, menulis pengalaman diri atau kegiatan lainnya yang positif merupakan contoh kegiatan literasi yang dapat dilakukan.


Sebelum pembelajaran daring dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Topik Pembelajaran kali ini membahas Muatan Pelajaran Tematik Tema 9 (Menjelajah Angkasa Luar) Subtema 3 (Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa) Pembelajaran 4 untuk kelas 6 SD, dengan penguasaan kompetensi dasar (KD):
  1. PPKn KD. 3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
  2. Bahasa Indonesia KD. 3.10 Mengaitkan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi
  3. IPS KD. 3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. 

Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca bahan ajar, berdiskusi, dan menggali informasi di berbagai sumber, peserta didik dapat memahami materi ajar dan mengembangkan kompetensi diri melalui kolaborasi praktik baik dalam penerapan kehidupan sehari-hari dengan tepat

+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi ajar berikut ini!
Selain membaca bahan ajar di blog ini, kalian juga bisa membaca di buku paket Tematik dan menggali informasi dari berbagai sumber.

Tema 9 (Menjelajah Angkasa Luar) Subtema 3 (Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa) Pembelajaran 4
Pesawat Bertenaga Matahari
Pesawat bertenaga matahari
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan kesempatan manusia untuk melakukan penjelajahan ke angkasa luar. Penjelajahan ke angkasa luar dilakukan untuk mengetahui lebih banyak tentang kemungkinan kehidupan di luar Bumi kita. Hal itu juga mendorong semakin canggihnya teknologi transportasi udara. Salah satu satu hasil berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi adalah kebutuhan manusia untuk melakukan transportasi udara. Transportasi udara yang dikembangkan dengan menggunakan energi alternatif untuk mengurangi pemakaian bahan bakar fosil yang mencemari lingkungan. Seorang penemu balon berkebangsaan Swiss, Bertrand Piccard, yang bekerja sama dengan sebuah perusahaan dari Swiss melakukan uji coba dalam pembuatan pesawat berbahan bakar energi matahari.

Rentang pesawat ini dibuat lebar, sekitar 72 meter. Hal ini dilakukan agar panel surya di atasnya dapat mengumpulkan energi matahari cukup banyak. Pesawat ini digunakannya untuk melakukan misi keliling dunianya secara bertahap. Pada bulan April 2016, pesawat ini tiba di California, Amerika Serikat pada tahap ke 9 dari seluruh perjalanan yang direncanakannya mulai bulan Maret 2015.

Modernisasi Transportasi Air dan Udara

Modernisasi diartikan sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dari keadaan tradisional menuju ke keadaan modern. Modernisasi membawa dampak positif ataupun negatif terhadap perubahan sosial dan budaya. Adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju. Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Sarana transportasi modern mempermudah seseorang ataupun barang untuk sampai ke tempat tujuannya. Banyak sarana transportasi yang mengalami peningkatan dan perubahan secara drastis, misalnya kapal laut yang menjadi alat transportasi untuk kepentingan manusia. Kapal laut tersebut memiliki banyak jenis sesuai muatannya. Ada kapal laut yang khusus mengangkut penumpang, barang kiriman, dan mengangkut minyak. Setiap kapal memiliki bentuk dan kegunaannya masing-masing.

Pengaruh modernisasi berdampak di wilayah udara, misalnya pesawat terbang. Pesawat terbang (pesawat udara) adalah mesin atau kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara, Muatan penumpangnya berbeda-beda, disesuaikan dengan ukuran besar pesawat. Adanya perkembangan teknologi pesawat terbang, wajar jika sarana transportasi ini dijuluki sebagai alat transportasi modern.


Baca cerita fiksi berikut!
Menunggu Bintang
Sudah berhari-hari ini Gauri menghabiskan waktu setelah belajar di jendela loteng yang besar itu. Memang ruangan yang nyaman sekali, dihias seperti kamar tidur. Hanya satu yang ia tunggu, yaitu bintang jatuh. Biasanya, ia akan duduk di sana sampai pukul sembilan malam, lalu tidur di kamar. Namun, karena ini hari Sabtu, ia memutuskan untuk ada di sana lebih lama.

"Gauri, yuk, turun, kita nonton di bawah," terdengar suara Nenek dari pintu loteng "Sebentar lagi Gauri turun, Nek. Masih mau disini dulu," jawab Gauri.

Satu jam... dua jam tiga jam tak satupun ada bintang jatuh, bahkan sampai Gauri tertidur dan bermimpi. Di dalam mimpi ia duduk di suatu perbukitan, saat ia melihat ke atas, ada bintang yang bertaburan. Saat ia melihat ke bawah ada lampu lampu kota yang juga mirip bintang. Di sekitar bukit itu ada banyak sekali orang-orang yang duduk dan menikmati keindahan bintang-bintang. Semuanya kompak tak bersuara keras, hanya tersenyum dan berbisik jika diperlukan.

Prinsip Persatuan dan Kesatuan

Untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa terdapat beberapa prinsip yang menjadi pondasinya, yaitu sebagai berikut. 

1. Prinsip Bhinneka Tunggal Ika
Bhinneka Tunggal Ika berarti "berbeda-beda tetapi tetap satu jua". Dengan menjiwai arti tersebut, kita diwajibkan bersatu dalam satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia. 

2. Prinsip Nasionalisme Indonesia
Nasionalisme merupakan rasa cinta dan kesetiaan terhadap tanah air untuk mencapai tujuan dan cita-cita yang sama.

3. Prinsip Kebebasan yang Bertanggung Jawab 
Kebebasan yang bertanggung jawab adalah setiap orang diberi hak untuk memenuhi kemauannya. Jika hak tersebut merugikan orang lain, akan diberikan sanksi berdasarkan perbuatannya.

4. Prinsip Wawasan Nusantara 
Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa tentang bentuk geografis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Wawasan Nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dan petunjuk dalam menentukan keputusan untuk menyelenggarakan negara.

5. Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-cita Reformasi 
Sebagai warga negara kita harus bisa mengisi kemerdekaan dengan baik. Caranya dengan melakukan pembangunan dengan dilandasi rasa persatuan.

Kolaborasi dan Praktik Baik
Kerjakan pertanyaan berikut untuk meningkatkan keterampilan dan mengembangkan kompetensi literasimu dalam penerapan kehidupan sehari-hari! (Kerjakan di buku latihanmu dengan menyertai tanda tangan orang tua!)
  1. Tuliskan sebuah peristiwa (minimal 1 paragraf) yang pernah kamu alami atau yang pernah kamu tonton dari sebuah film seperti cerita berjudul "Menunggu Bintang"!
  2. Modernisasi memang memberikan dampak baik langsung maupun tidak langsung. Demikian juga dengan dampaknya pada sistem transportasi darat saat ini. Bersama teman sebangkumu diskusikanlah dampak positif dan negatif terhadap kelangsungan hidup masyarakat maupun dampaknya terhadap lingkungan. Gunakan diagram berikut untuk mencatatnya.
    Dampak modernisasi terhadap tranfortasi air dan udara
+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+

Bagaimana kegiatanya, menyenangkan bukan? Pekerjaan kalian yang sudah bagus dan luar biasa akan jauh lebih bermanfaat jika dilakukan presentasi atau di diskusikan dengan teman, orang tua, dan guru kalian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membangun pengetahuan baru.

Hasil diskusi dan presentasi yang sudah kalian lakukan dapat dijadikan sebagai motivasi diri untuk perbaikan pembelajaran yang akan datang. Masukan atau saran juga kritik yang membangun dapat membangun karakter dan pengetahuan diri yang lebih baik.

Nah, untuk mengetahui pemahaman pembelajaran yang sudah kalian simak dan lakukan, ada baiknya juga kalian melakukan refleksi atau merangkum kegiatan pembelajaran hari ini. Hal tersebut bertujuan untuk menguji pemahaman kompetensi diri terhadap pembelajaran daring yang kalian lakukan secara mandiri dari rumah. Refleksi ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan singkat. Seperti : 
Apa yang sudah saya pelajari hari ini? 
Dapatkah saya menguasai materi pembelajaran hari ini? 
Apa Manfaat yang saya dapatkan dengan mempelajari materi tersebut?

Demikian tayangan materi singkat Pembelajaran Jarak Jauh Tematik Tema 9 (Menjelajah Angkasa Luar) Subtema 3 (Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa) Pembelajaran 4 untuk Kelas 6 SD. Untuk menguji pemahaman dan penguasaan kompetensi pembelajaran hari ini, lakukanlah kegiatan formatif berikut ini dengan menjawab soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form.


Baca dan ikuti petunjuk soal yang disediakan. Jawab soal berikut dengan cermat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki.

Waktu pengerjaan: 90:00 Menit!


Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Pembelajaran Tema 9 (Menjelajah Angkasa Luar) Subtema 3 (Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa) Pembelajaran 4 untuk Kelas 6 SD. Isi postingan ini tentu belum lengkap dan memberikan pembelajaran bermakna. 

Untuk itu, kritik dan saran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas situs www.liangsolusi.com ini. Semoga materi dan evaluasi yang kami sajikan bermanfaat untuk kita semua. Salam solusi!

Kami sangat berterima kasih jika Anda berkenan membagikan postingan ini di media sosial kalian! Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#CerdasBerkarakter
#Belajardarimanasaja

0 comments:

Posting Komentar