Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Sabtu, 23 Mei 2020

Materi dan Soal IPS "Karakteristik Geografis dan Ekonomi ASEAN" Sekolah Dasar Kelas 4, 5, dan 6

ASEAN
Semangat pagi sobat solusi, semoga selalu sehat di tengah pandemiCovid-19 ini. Apakah kamu pernah mendengar tentang ASEAN? Penasarankah tentang karakteristik geografis dan ekonomi negara-negara ASEAN? Yuk, mari kita cari tahu lebih lanjut dengan membaca artikel berikut ini!

ASEAN (Association of South East Asian Nations) berdiri pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand ASEAN adalah organisasi yang beranggotakan negara-negara di Asia Tenggara. ASEAN didirikan oleh lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Wow hebat ya negara kita itu salah satu negara pendiri.

ASEAN adalah suatu organisasi yang dimana Untuk menjaga stabilitas di kawasan Asia Tenggara.Sudah ingatkan kamu negara mana saja yang termasuk di kawasan Asia Tenggara?. Unsur geografis suatu tempat memengaruhi kehidupan penduduknya. Pengaruh tersebut terlihat dari mata pencaharian, kebiasaan, adat istiadat, dan hasil budaya lainnya. Negara-negara di kawasan Asia Tenggara memiliki banyak kesamaan geografis karena letaknya yang berdekatan. Oleh karena itu kondisi sosial, ekonomi, dan budayanya banyak memiliki kesamaan. Dari segi ekonomi, sebagian besar penduduk Asia Tenggara bermata pencaharian sebagai petani yang menanam tanaman tropis. Dilihat dari pendapatan perkapitanya, penduduk Asia Tenggara digolongkan sebagai pendapatan kelas menengah, kecuali Singapura dan Brunei Darussalam.

Letak suatu wilayah dapat ditinjau secara astronomis dan geografis. Letak astronomis adalah letak yang didasarkan pada garis lintang dan garis bujur. Sedangkan letak geografis adalah letak yang didasarkan posisi suatu wilayah terhadap wilayah lainnya. Letak astronomis Asia Tenggara adalah 280 LU – 110 LS dan 920 BT – 1410 BT. Letak geografis Asia Tenggara berada di antara tiga perairan, yaitu:
– Samudra Hindia dan Teluk Benggala di bagian barat;
– Laut Cina Selatan di utara;
– Samudra Pasifik di timur.
Luas wilayah Asia Tenggara beserta wilayah perairannya adalah + 4. 511.167 km2.

Tahukah kalian bahwa negara-negara di ASEAN memiliki 4 karakteristik yang unik diantaranya:
Compact, yaitu berbentuk hampir seperti lingkaran. Contohnya negara Kamboja.
Fragmented, yaitu berbentuk kepulauan yang terpisah-pisah. Contohnya Indonesia.
Elongated, yaitu bentuk memanjang. Contohnya negara Vietnam.
Protruded, yaitu bentuknya lebih kompleks dan beragam, biasanya terdapat tangan yang memanjang. Contohnya Thailand dan Myanmar.

Setelah membaca dan menyimak materi tersebut, berikut akan disediakan soal untuk menguji tingkat pemahaman dan kompetensi kalian.
Jawab soal berikut dengan cermat!
Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 35:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!
Terima kasih sudah membaca dan mengerjakan Soal IPS "Karakteristik Geografis dan Ekonomi ASEAN" Sekolah Dasar Kelas 4, 5, dan 6, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah membaca. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

2 komentar:

  1. Terimakasih banyak, aplikasi ini sangat membantu saya belajar dari rumah,dan tetap semangat belajar supaya kita menjadi manusia yg cerdas dan berkarakter. Salam sehat, tetap dirumah, jaga jarak, pakai masker dan jangan lupa mencuci tangan ya..
    Muhammad Fairuz. Terimakasih banyak Pak Guru..Salam sehat selalu. Kepada Bapak/Ibu Guru serta teman-teman ku semua.. mohon maaf lahir dan batin ya..🙏🏻

    BalasHapus
  2. Terimakasih,aplikasi ini sangat mwmbantu saya belajar di rumah,semoga aplikasi ini selalu bermanfaat di masa depan

    BalasHapus