Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Jumat, 13 November 2020

Materi dan Soal Tematik Tema 5 (Wirausaha) Subtema 1 (Kerja Keras Berbuah Kesuksesan) Pembelajaran 1 dan 2 Untuk SD Kelas 6

Tema 5 wirausaha subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan
Salam Cerdas dan berkarakter. Semangat pagi insan cerdas, kolaboratif, dan Thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur. 

Literasi dapat menumbuhkembangkan karakter dan pola pikir. Melakukan kegiatan ini sebelum pembelajaran dimulai sangatlah bagus dan dianjurkan. Kegiatan literasi ini cukup dilakukan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawasan diri, juga menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. Membaca dongeng, motivasi, cerita bergambar, menulis pengalaman diri atau kegiatan lainnya yang positif merupakan contoh kegiatan literasi yang dapat dilakukan.

Sebelum pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta lakukan selalu 3 M (mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta menggunkan masker jika terpaksa harus keluar rumah) di masa pandemi covid-19, agar kita terhindar dari paparannya.

Sebelum pembelajaran dilanjutkan terlebuh dahulu isi dan lengkapi presensi atau absensi melalui aplikasi google form berikut!

Lihatlah rekap absen yang sudah direkam secara otomatis pada form berikut!

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."

Sebelum pembelajaran hari ini dilanjutkan, ayo dengar dan nyanyikan lagu wajib Indonesia Raya untuk membangun rasa nasionalisme sebagai generasi cerdas bangsa. Nyanyikanlah dengan khidmat dan penuh semangat secara mandiri di tempat masing-masing.
"percaya dirilah, karena setiap orang mempunyai kecerdasan dan karakternya masing-masing"

Pembiasaan selanjutnya yang wajib peserta didik lakukan adalah juga adalah menyanyikan lagu mars Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Lagu ini sangat bermanfaat untuk membangun karakter-karakter yang bermanfaat di masa mendatang. Nyanyikan dengan penuh semangat dan hayati isi lagunya.
Selain pembiasaan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dan Mars PPK, ada baiknya juga peserta didik melakukan motivasi belajar seperti membaca motivasi, tepuk semangat, atau melakukan gerakan lainnya.

Topik Pembelajaran kali ini membahas tentang Tema 5 (Wirausaha) Subtema 1 (Kerja Keras Berbuah Kesuksesan) Pembelajaran 1 dan 2, dengan KOMPETENSI DASAR sebagai berikut:
  1. PPKn KD. 3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
  2. Bahasa Indonesia KD. 3.6 Mencermati petunjuk dan isiteks formulir (pendaftaran,kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantorpos, daftar riwayat hidup,dsb.) 
  3. IPA KD. 3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari.
  4. IPS KD. 3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerjasama di bidang ekonomi,politik, sosial, budaya,teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. 
  5. SBdP KD. 3.1 Memahami reklame.
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca teks tentang “Pengalaman Belajar dari Negara-negara ASEAN”, siswa mampu mengidentifikasi posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN secara terperinci. 
  2. Dengan membaca teks tentang “Pengalaman Belajar dari Negara-negara ASEAN” dan mencari informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menuliskan laporan tentang posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN secara terperinci. 
  3. Dengan mengamati gambar, bereksplorasi, dan berdiskusi, siswa mampu membedakan macam-macam magnet secara benar. 
  4. Dengan mengamati gambar, bereksplorasi, dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan hasil eksplorasi tentang macam-macam magnet secara benar. 
  5. Dengan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis teks formulir (ekskul, lomba, dan lain-lain) secara cermat. 
  6. Dengan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan hasil pengamatan tentang berbagai jenis teks formulir (ekskul, lomba, dan lain-lain) secara cermat.
  7. Dengan mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri reklame yang ada di sekitar secara tepat. 
  8. Dengan mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu mengklasifikasi reklame berdasarkan ciri-cirinya secara tepat.
  9. Dengan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi berbagai contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara terperinci. 
  10. Dengan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan berbagai contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara benar.
Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi ajar berikut ini!
Selain membaca bahan ajar di blog ini, kalian juga bisa memebaca di buku paket tematik dan menggali informasi dari berbagai sumber.
Ayo membaca!
Pengalaman Belajar dari Negara-Negara ASEAN 

Hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin, Edo, Beni, Siti, Dayu, Lani, dan teman sekelasnya. Mereka akan berkunjung ke pameran budaya ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN yang terletak di Jakarta. Wah, tidak sabar rasanya Udin dan teman-teman ingin sampai di sana. Kebetulan saat ini mereka juga sedang belajar mengenai negara-negara tetangga. Mereka ingin sekali melihat bukti dari yang mereka pelajari. 

Sesampai di arena pameran, Udin dan teman-temannya dibagi menjadi beberapa kelompok. Pameran diikuti oleh sepuluh negara anggota ASEAN. Masing-masing anjungan tampil menarik dengan ciri khas tiap negara. Anjungan Indonesia tampil dengan ciri khas rumah Toraja yang unik dan menarik.

Terdapat juga anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN. Udin menghabiskan banyak waktu di anjungan ini. Anjungan ini menampilkan berbagai informasi tentang peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil. Anjungan ini juga menampilkan berbagai produk wirausaha dari tiap negara. Berbagai produk kreatif ada di sana. Ada jaket kulit dari pengrajin negara Indonesia, ada manisan buah Thailand dalam kemasan kaleng, ada alat penyeduh kopi klasik Vietnam, serta ada pula aplikasi agribisnis yang dikembangkan oleh pemuda Indonesia untuk menghubungkan petani dan konsumen. 

Edo terkesan dengan berbagai makanan khas. Memang, Edo selalu tertarik dengan makanan dari berbagai daerah. Ada singkong santan khas Thailand, ada Pho dari Vietnam, ada Larb dari Laos, dan masih banyak makanan lain yang namanya pun baru Edo ketahui. Makanan khas tiap negara menunjukkan ciri khas sumber daya alamnya. 

Beni tertarik dengan anjungan Negara Brunei yang menampilkan Wayang Asik khas negaranya. Wayang ini populer sekitar tahun 1960-an di Kampung Ayer, di tepi Sungai Brunei. Saat ini, Brunei berusaha mengembangkan kembali minat masyarakatnya untuk mempelajari Wayang Asik karena popularitasnya mulai turun sejak masuknya berbagai budaya asing. Hal yang menarik bagi Beni adalah melihat inovasi yang dilakukan anjungan Brunei untuk memperkenalkan Wayang Asik. Berbeda dengan wayang Indonesia, yang menampilkan sosok legendaris dunia pewayangan, Wayang Asik ini menampilkan sosok tokoh manusia dalam bentuk kecil. Tinggi wayang hanya sekitar delapan hingga sepuluh cm. Wayang ini dibuat dari kertas tebal dengan pegangan dari kayu.

Udin dan teman-teman juga mengikuti aneka lomba yang diadakan oleh beberapa anjungan. Sebelum mengikuti lomba, mereka harus mengisi formulir pendaftaran. Hadiahnya? Tentu saja cendera mata khas dari negara tersebut. 

Menyaksikan pameran budaya ASEAN memberi Udin dan teman-teman pengalaman belajar yang berharga. Kini pengetahuan mereka semakin kaya. Pengetahuan dari penjelasan guru, dari buku yang dibaca, serta menyaksikan langsung ragam karya dan budaya yang ditampilkan tiap negara ASEAN.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.
  1. Jika kamu mendapat kesempatan berkunjung ke arena pameran tersebut, apa kegiatan yang mungkin paling menarik menurutmu? Mengapa?
Tema 5 subtema 1 tentang magnet
Apakah kamu pernah menemukan magnet di sekitarmu? Di mana saja kamu menemukan magnet? Apa yang kamu ketahui tentang magnet?

Selanjutnya, kamu akan mengenal berbagai macam magnet. Perhatikan magnet berikut ini!
jenis-jenis dan bentuk magnet
Setelah mengamati dan mencoba berbagai macam magnet, jawab dan postingkan jawaban dari pertanyaan berikut di kolom komentar!
  1. Jenis magnet apa yang digunakan pada pengeras suara, speaker aktive, maupun headset?
Kutub-Kutub Magnet 

Semua magnet mempunyai ciri-ciri tertentu. Setiap magnet memiliki dua tempat yang gaya magnetnya sangat kuat. 

Daerah ini disebut kutub magnet. Ada dua kutub magnet, yaitu kutub utara (U) dan kutub selatan (S). Sering kita menjumpai magnet yang bertuliskan N dan S. N merupakan kutub utara magnet itu (singkatan dari North yang berarti Utara), sedangkan S kutub selatannya (singkatan dari South yang berarti selatan). 

Magnet dapat berada dalam berbagai bentuk dan ukuran. Bentuk yang paling sederhana berupa batang lurus. Selain itu, ada juga magnet yang berbentuk tapal kuda (ladam) dan jarum. Pada bentuk-bentuk ini, kutub magnet berada pada ujung-ujung magnet tersebut.

Nah, Sekarang coba lengkapi contoh formulir berikut dengan cermat ya!
format formulir pendaftaran

Reklame adalah alat untuk menawarkan, mempromosikan, memperkenalkan barang-barang hasil produksi atau jasa kepada masyarakat dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik. Tujuan reklame adalah agar suatu produk dapat dikenal oleh masyarakat dan masyarakat memiliki keinginan untuk membelinya. Contoh reklame dapat berupa poster, spanduk, brosur, selebaran, logo, baliho, dan embalase.

Tema 5 subtema 1 tentang keragaman ekonomi
Diskusikan pertanyaan berikut dengan teman dan orang tuamu!
  1. Bagaimana pendapatmu tentang keberagaman usaha yang ada di sekitarmu?
Bagaimana kegiatanya, menyenangkan bukan? Pekerjaan kalian yang sudah bagus dan luar biasa akan jauh lebih bermanfaat jika dilakukan presentasi atau di diskusikan dengan teman, orang tua, dan guru kalian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membangun pengetahuan baru.

Hasil diskusi dan presentasi yang sudah kalian lakukan dapat dijadikan sebagai motivasi diri untuk perbaikan pembelajaran yang akan datang. Masukan atau saran juga kritik yang membangun dapat membangun karakter dan pengetahuan diri yang lebih baik.

Nah, untuk mengetahui pemahaman pembelajaran yang sudah kalian simak dan lakukan, ada baiknya juga kalian melakukan refleksi atau merangkum kegiatan pembelajaran hari ini. Hal tersebut bertujuan untuk menguji pemahaman kompetensi diri terhadap pembelajaran daring yang kalian lakukan secara mandiri dari rumah. Refleksi ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan singkat. Seperti : Apa yang sudah saya pelajari hari ini? Dapatkah saya menguasai materi pembelajaran hari ini? Apa Manfaat yang saya dapatkan dengan mempelajari materi tersebut? 

Demikian tayangan materi singkat Tema 5 (Wirausaha) Subtema 1 (Kerja Keras Berbuah Kesuksesan) Pembelajaran 1 dan 2. Untuk menguji pemahaman dan penguasaan kompetensi pembelajaran hari ini, lakukanlah kegiatan formatif berikut ini dengan menajwab soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. 

Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 
Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 90:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Soal Tematik Tema 5 (Wirausaha) Subtema 1 (Kerja Keras Berbuah Kesuksesan) Pembelajaran 1 dan 2 Untuk SD Kelas 6, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

Kalian yang penasaran dan belum mengerjakan pembelajaran sebelumnya dapat melihat dan mengerjakannya disini!

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

0 comments:

Posting Komentar