Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Jumat, 04 September 2020

Materi dan Soal Pembelajaran Tematik Tentang Penemuan Listrik Yang Berdampak Modernisasi Bangsa Indonesia SD Kelas Tinggi

penemuan listrik yang mengubah kehidupan dunia

Semangat pagi insan yang kerja cerdas, kolaboratif, dan Thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan penuh semangat.

Sebelum pembelajaran dimulai ingat dan budayakan terlebih dahulu kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar) dan melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."
"Setiap kesulitan adalah sumber kreatifitas. Selama kita fokus mencari dan mengatasinya, kesempatan dan sukses akan datang menggampiri kita."

Literasi Challenge: 
Simak ulasan berikut!
Michael Faraday si penemu listrik hanya lulusan SD. Lahir pada 22 September 1791 dari keluarga kelas pekerja di Newington, London Selatan, Inggris, Michael Faraday putus sekolah.   Usia 14 tahun dia bekerja sebagai penjilid dan penjual buku. Pekerjaan ini membuatnya akrab dengan ilmu pengetahuan. Tujuh tahun melakoni pekerjaan itu, ia senantiasa membaca pada waktu luang. Yang paling memengaruhi jalan hidupnya sebuah buku berjudul Conversation in Chemistry karya Jane Marcet. Buku terlaris pada kurun 1806 tersebut berisi hal-hal tentang pengetahuan ilmiah. Anak putus sekolah yang rajin membaca buku ini kemudian hari menjelma jadi ilmuwan terkenal. Dunia menjulukinya Bapak Listrik. Namanya diabadikan pula jadi satuan kapasistansi dalam ilmu fisika dengan simbol F (Faraday). Faraday mulai rajin menghadiri ceramah-ceramah ilmiah yang diberikan ilmuwan kawakan Inggris, Sir Humphry Davy pada usia 20 tahun. Pesona Davy membuat Faraday nekat mengiriminya surat. Pendek kisah, Davy menerima Faraday jadi asisten. Pada 1821, tak lama berselang tahun menjadi asisten Davy, Faraday membuat penemuan sendiri yang menakjubkan; yakni leluhur semua motor listrik yang digunakan di seluruh dunia hingga hari ini. Pikiran dan energinya terus meliar. Dia lalu mendapatkan fakta baru, bahwa jika magnet dilintasi kawat maka energi listrik akan mengalir ke kawat tersebut. Ini dikenal sebagai Hukum Faraday, yang disebut Pengaruh Elektromagnetik. Itulah sejarah lahirnya dinamo listrik yang pertama. Faraday senantiasa menuliskan kisah-kisahnya bersama Davy, terutama saat-saat melakukan penelitian. Dia juga menuliskan pengalaman pribadinya dalam mencermati dan menguji fenomena-fenomena alam. 

Perilaku apa yang bisa kalian contoh dari Michael Faraday, yang berdampak pada perubahan perilaku diri sendiri dan kemajuan bangsa Indonesia?

Taukah kamu Siapa yang menemukan listrik? Bagaimana dampak penemuan tersebut terhadap dunia? Penasarankah tentang cara memahaminya? Yuk, mari kita cari tau lebih lanjut dengan menyimak materi berikut ini!


Pembelajaran kali ini membahas tentang "Penemuan Listrik Yang Berdampak Modernisasi Bangsa Indonesia", dengan KOMPETENSI LITERASI: (1) 3.4 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana; dan (2) 3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi berikut ini!
Pemahaman Materi:
Perbedaan Rangkaian Seri dan Pararel
Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai rangkaian seri dan pararel, kita perlu mengetahui dasar-dasarnya terlebih dahulu.
Rangkaian listrik merupakan kumpulan dari beberapa komponen listrik yang saling terhubung dan terpasang pada tegangan. Berikut adalah beberapa komponen listrik beserta lambang yang sering digunakan pada rangkaian :
komponen listrik

Adapula simbol mengenai parameter lain yang bernama arus listrik. Biasanya, arus listrik ditunjukkan dengan arah panah pada rangkaian dan simbol “I”

simbol rangkaian listrik

Perbedaan Susunan Rangkaian dan Komponen Rangkaiannya
Hal yang dapat kita lihat secara jelas dari perbedaan kedua rangkaian tersebut adalah susunan dari komponen-komponen yang terpasang. Susunan tersebut dapat dilihat dari percabangan kabel atau penempatan komponennya.
Rangkaian Seri
Rangkaian Seri
“Pada rangkaian seri memiliki susunan yang sederhana sehingga susunan seri tidak memiliki percabangan kabel diantara beban atau sumber tegangan yang terpasang.”

Pada rangkaian seri, komponennya lebih sederhana yang terdiri dari sumber tegangan, kabel dan juga beban. Meskipun kadang rangkaian seri menggunakan saklar, namun rangkaian seri hanya membutuhkan satu saklar saja.

Rangkaian Paralel
Rangkaian Paralel
“Pada rangkaian paralel memiliki susunan yang kompleks dan terdapat percabangan kabel diantara beban atau tegangan yang terpasang.”

Pada rangkaian paralel, komponen yang digunakan cenderung lebih banyak. Contohnya saja adalah kabel yang digunakan rangkaian pararel lebih panjang karena rangkaian paralel memiliki percabangan. Selain itu, rangkaian paralel biasanya menggunakan satu saklar untuk satu beban saja.

Pengaruh listrik terhadap perubahan sosial budaya​
Sosial
dulu interaksi sosial lebih gelap karena kendala penerangan terbatas sedangkan sekarang interaksi sosial lebih mudah karena lampu sudah bisa menerangi kapan saja. Dahulu berkomunikasi dengan surat, tetapi seiring majunya teknologi canggih seperti gawai, kehidupan sosial manusia semakin berubah.

Ekonomi
dulu distribusi barang sangat lambat dan tidak besar ekonomi pun tidak berkembang dengan pesat sedangkan sekarang distribusi barang sangat cepat dan sangat pesat ekonomi pun berkembang dengan pesat. Namu biaya kehidupan akan semakin mahal karena kita harus membayar tagihan listrik yang kita pakai.

Pendidikan
sebelum ditemukan listrik dulu pendidikan sangat susah mencari jawaban hanya bisa melihat buku yang bertentangan dengan jawaban tersebut sedangkan sekarang pendidikan sangat mudah mencari jawaban bisa di sosmed atau sosial media dan bisa dimana saja seperti internet. Sebelum ditemukannya listrik setiap siswa hanya bisa belajar dan mengerjakan tugas di siang hari tetapi sesudah ditemukannya listrik siswa dapat belajar dimanapun, kapanpun mereka mau.

Budaya
Budaya pada zaman dulu tidak sempurna budaya dulu tidak memakai listrik tidak ada energi listrik memengaruhi dan menyebabkab budaya lebih sempit dan kecil. Budaya masyarakat masih kental, karna belum ada sarana yang berdampak negatif yang tinggi, jadi mereka berkomunikasi langsung dan terjalin persaudaraan. Sedangkan sekarang budaya pada saat ini sangat sempurna budaya sekarang memakai listrik, energi listrik mengubah budaya dulu yang sangat lebih kecil menjadi budaya sekarang yang sangat luas dan besar. Namun sosialiasi masyarakat menjadi berkurang, dikarenakan sudah tergantikan dengan sarana teknologi yang mengandung berbagai macam aplikasi sosial

Demikian tayangan materi singkat tentang Penemuan Listrik Yang Berdampak Modernisasi Bangsa Indonesia. Berikut ini adalah soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 90:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Materi dan Soal Pembelajaran Tematik Tentang Penemuan Listrik Yang Berdampak Modernisasi Bangsa Indonesia SD Kelas Tinggi, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

Ingat postingkan jawaban kalian dari challenge yang ada di akhir soal atau ulasan literasi challenge tersebut pada kolom komentar di bawah ini!

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

5 komentar:

  1. Nama : ida bagus gede wiswambara keniten
    No : 14

    Jawaban challange nya :

    Yang kita harus tiru dari michael faraday adalah Kita harus selalu Semangat, gigih, tekun, ulet, giat, rajin, tidak gampang putus asa, sabar, pantang menyerah, dan berpikiran positif

    BalasHapus
  2. Jangan pernah patah semangat untuk tetap belajar dan mencari ilmu

    BalasHapus
  3. Saya rai dari sd negri 1 panjer jawabannya : pantang menyerah dan tidak putus asa

    BalasHapus
  4. Sy anik jawabannya pantang menyerah, tidak putus asa dan tetap berpikir positif

    BalasHapus